Wednesday, October 29, 2014

DIALOG TUNGGALKU

وظيفة الاختبار النصفي عن مادة نظرية الأدب
همّة الاستقامة
12310079
"لكم، يا أصحابي و صاحباتي!"
أنا نفـــــسي و أنتـــــــــــــــــــم أنفسكــــم
و ليس نفسي مـــــــــــــــن نفوسكم
فابتعدواني! إن هذا خير لكم
لأنـــــــــــــــــــني أكثر خطــــــــــــــاءا منــــــــكم
و عليـــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــكم

أنـــــــــــا نفسي و لستم أنتم نفـــــــــسي
و لا تحتاجون لأن تكونوا نفسي
أطــلــــقوا ارتبــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــاطكـم
في من تظنونــــــــــه نفسكـم
فاتحــــــــدوا مع أرواحــــــــكم
لأن الأقوى هي نفوسكم
فــــــــــجدوا نورا في الظـــــلام!

UNTUKMU, SAHABAT-SAHABATKU

AKU ADALAH AKU
BUKANLAH KAMU BAGIAN DARI DIRIKU
JAUHILAH AKU JIKA INI LEBIH BAIK BAGIMU
KARENA SALAHKU LEBIH BANYAK DARIMU
BAHKAN SALAHKU SANGAT BANYAK PADAMU[1]
AKU ADALAH AKU DAN KAMU BUKANLAH AKU
KAMU TIDAK PERLU MENJADI DIRIKU
LEPASKANLAH KETERIKATANMU    
DENGAN ORANG YANG KAU KIRA DIRIMU
MENYATULAH DENGAN JIWAMU
KARENA YANG TERKUAT ADALAH DIRIMU
KEMUDIAN TEMUKANLAH CAHAYA DALAM KEGELAPAN KALBU![2]


[1] Setiap dari kita memiliki jiwa yang masing-masing berbeda satu sama lain. Meski kita terikat dalam istilah Zoon Politicon, namun kita tetap memiliki jalan masing-masing. Realita yang tampak memang mungkin kita tak bisa lepas dari kebutuhan kita terhadap orang lain. Tapi tidak ada salahnya jika kita berhijrah dari satu tempat ke tempat lain dan berteman dengan beralih-alih orang. Karena hal ini justru akan menambah pengalaman. Karena tidak semua yang dimiliki seseorang di samping kita itu hal yang baik. So... bangunlah dirimu untuk kemudian bisa membangun yang lebih besar lagi. Sekalipun kita tampak jalan beriringan dengan orang lain, hakikatnya kita tetap ada dalam langkah yang berbeda. Tapi tetap satu tujuan, meraih ridho Alloh Swt. Kita tetaplah saudara.
[2] Kadang keterikatan kita dengan seseorang atau sesuatu membuat kita terkungkung dan terkurung. Kita semua memiliki jati diri masing-masing. Memang kita butuh penyemangat. Tapi frekuensi semangat yang datang dari orang lain/eksternal tidak akan ada pengaruhnya tanpa adanya semangat dr dlam dri kita sendiri. So... sugesti itu penting untuk membuat kita bangkit dari kemalasan atau kegagalan. Karena hakikatnya kegagalan itu tak pernah ada kecuali bagi orang-orang yang putus asa dan menyerah.
Berpetualanglah di bentangan bumi ini sehingga kita bisa memahami kebesaran-kebesaran Alloh yang tak hanya sekedar tersurat di Al Qur’an tapi juga yang tersirat di alam semesta ini. Petualangan ini tak akan pernah melelahkan dan tiada ujung kecuali bagi orang-orang yang tidak mau berfikir dan atau dihentikan oleh kematian.
Kegelapan kalbu hanyalah diperuntukkan orang-orang yang diselimuti rasa was-was ketakutan dan kegalauan. Dan sebaliknya, ketiadaan dua rasa itu akan membuat cahaya dalam kalbu terpancarkan. Namun hal ini hanya bisa dicapai oleh orang-orang mukmin yang merasakan nikmatnya pahala dari Alloh (إن أجرهم عند ربهم فلا خوف عليهم و لا هم يحزنون).
 




1 comment:

  1. Soeprianto Sherlockeren Ngawirpuol: artinya?

    Himmatul Istiqomah : sekedar intermezo, tp ada bberapa yg mengutip dr film avatar... intinya sugesti untuk membentuk pribadi yang berkualitas itu penting. dan yg pengaruhnya paling besar adalah dr dri sendiri. "di luar konteks hidayah"
    Soeprianto Sherlockeren Ngawirpuol avatar korra?

    Soeprianto Sherlockeren Ngawirpuol : tp pengaruh orang lain jg penting,,,, klo menafikanx bisa2 kesombongan akan muncul, ke-aku-an akan timbul,,,,

    Himmatul Istiqomah : benar sekali..... zoon politicon g pernah menafikan kebutuhan kita akan sesama. apapun yg dilakukan oleh orang di sekitar kita dan keadaan lingkungan sekitar ntah baik atau buruk berperan semuanya dalam proses pembentukan jati diri kita. makanya g salah kalau ucapan hamdallah itu tidak hx identik dg hal2 yg dianggap baik sja. tp segala sesuatu itu kan px manfaat di baliknya jd ttep syukur sma pencipta g patutnya terlupakan.

    ReplyDelete