NAMA PENGAMPU : HIMATUL ISTIQOMAH
MATA PELAJARAN :
ILMU NAHWU
NAMA INSTANSI : POLITEKNIK NEGERI
MALANG
TAHUN AJARAN :
2014-2015
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK DAN URAIAN
|
PENGALAMAN BELAJAR
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
1
|
·
Mahasiswa
memahami istilah-istilah dasar dalam
Ilmu Nahwu (nahwu dan kalam).
·
Mahasiswa
memahami klasifikasi kalam (mujib
dan manfi).
|
·
Definisi
nahwu dan kalam.
·
Klasifikasi
kalam.
|
·
Mendiskusikan
definisi nahwu dan kalam.
·
Memahami
klasifikasi kalam (mujib dan manfi).
·
Menganalisis
Ayat-ayat Al Qur’an.
|
·
Mahasiswa
mampu menjelaskan definisi nahwu dan kalam.
·
Mahasiswa
mampu menjelaskan klasifikasi kalam (mujib dan manfi).
·
Mahasiswa
mampu menetukan klasifikasi kalam dalam ayat-ayat Al Qur’an.
|
·
Tanya-jawab
·
Tugas
individu
·
Analisa
ayat-ayat Al Qur’an
|
1 x pertemuan
|
·
كتاب
متن الجرومية
·
وثيقة
بحث علم النحو
·
Hand
Out
·
Peta
konsep
|
2
|
·
Mahasiswa
memahami definisi kalimah dan
pembagiannya.
·
Mahasiswa
memahami klasifikasi dan tanda-tandanya.
|
·
Definisi
kalimah dan pembagiannya.
·
Klasifikasi
kalimah dan tanda-tandanya.
|
·
Mendiskusikan
definisi kalimah dan pembagiannya.
·
Mendiskusikan
klasifikasi kalimah dan tanda-tandanya.
·
Menganalisis
Ayat-ayat Al Qur’an.
|
·
Mahasiswa
mampu menjelaskan definisi kalimah dan pembagiannya.
·
Mahasiswa
mampu menjelaskan klasifikasi kalimah
dan tanda-tandanya.
·
Mahasiswa
mampu menetukan klasifikasi kalimah dalam ayat-ayat Al Qur’an.
|
·
Tanya-jawab
·
Tugas
individu
·
Analisa
ayat-ayat Al Qur’an
|
2 x pertemuan
|
·
كتاب
متن الجرومية
·
وثيقة
بحث علم النحو
·
Hand
Out
·
Peta
konsep
|
3
|
·
Mahasiswa
memahami definisi i’rab, bina’,
mu’rab dan mabni.
·
Mahasiswa
memahami macam-macam mabninya kalimah
(isim,fi’il dan huruf).
·
Mahasiswa
memahami macam-macam mu’rabnya kalimah
(isim,fi’il dan huruf).
|
·
Definisi
i’rab, bina’, mu’rab dan mabni.
·
Macam-macam
mabninya kalimah (isim,fi’il dan huruf).
·
Macam-macam
mu’rabnya kalimah (isim,fi’il dan huruf).
|
·
Mendiskusikan
definisi i’rab, bina’, mu’rab dan mabni.
·
Mendiskusikan
macam-macam mabninya kalimah (isim,fi’il dan huruf).
·
Mendiskusikan
macam-macam mu’rabnya kalimah (isim,fi’il dan huruf).
·
Menganalisis
Ayat-ayat Al Qur’an.
|
·
Mahasiswa
mampu menjelaskan definisi i’rab, bina’, mu’rab dan mabni.
·
Mahasiswa
mampu menjelaskan macam-macam mabninya kalimah (isim,fi’il dan huruf).
·
Mahasiswa
mampu menjelaskan macam-macam mu’rabnya kalimah (isim,fi’il dan
huruf).
·
Mahasiswa
mampu menetukan mabninya kalimah (isim,fi’il dan huruf) dalam
ayat-ayat Al Qur’an.
|
·
Tanya-jawab
·
Tugas
individu
·
Analisa
ayat-ayat Al Qur’an
|
2 x pertemuan
|
·
كتاب
متن الجرومية
·
وثيقة
بحث علم النحو
·
Hand
Out
·
Peta
konsep
|
3
|
·
Mahasiswa
memahami macam-macam i’rab.
·
Mahasiswa
memahami macam-macam tanda i’rab.
|
·
Macam-macam
i’rab.
·
Macam-macam
tanda i’rab.
|
·
Mendiskusikan
macam-macam i’rab.
·
Mendiskusikan
macam-macam tanda i’rab.
·
Menganalisis
Ayat-ayat Al Qur’an.
|
·
Mahasiswa
mampu menjelaskan macam-macam i’rab.
·
Mahasiswa
mampu menjelaskan macam-macam tanda i’rab.
·
Mahasiswa
mampu menetukan i’rabnya kalimah (isim,fi’il dan huruf)
dalam ayat-ayat Al Qur’an.
|
·
Tanya-jawab
·
Tugas
individu
·
Analisa
ayat-ayat Al Qur’an
|
4 x pertemuan
|
·
كتاب
متن الجرومية
·
وثيقة
بحث علم النحو
·
Hand
Out
·
Peta
konsep
|
No comments:
Post a Comment