NAMA PENGAMPU                        : HIMATUL ISTIQOMAH
MATA PELAJARAN                           :
ILMU NAHWU
NAMA INSTANSI                              : POLITEKNIK NEGERI
MALANG                                                                                                                                                                                                                              
TAHUN AJARAN                                :
2014-2015
| 
   
NO 
 | 
  
   
KOMPETENSI DASAR 
 | 
  
   
MATERI POKOK DAN URAIAN 
 | 
  
   
PENGALAMAN BELAJAR 
 | 
  
   
INDIKATOR 
 | 
  
   
PENILAIAN 
 | 
  
   
ALOKASI WAKTU 
 | 
  
   
SUMBER BELAJAR 
 | 
 
| 
   
1 
 | 
  
   
·     
  Mahasiswa
   memahami istilah-istilah dasar dalam
  Ilmu Nahwu (nahwu dan kalam). 
·     
  Mahasiswa
   memahami klasifikasi kalam (mujib
  dan manfi). 
 | 
  
   
·     
  Definisi
  nahwu dan kalam. 
·     
  Klasifikasi
  kalam. 
 | 
  
   
·     
  Mendiskusikan
  definisi nahwu dan kalam. 
·     
  Memahami
  klasifikasi kalam (mujib dan manfi). 
·     
  Menganalisis
  Ayat-ayat Al Qur’an. 
 | 
  
   
·  
  Mahasiswa
  mampu menjelaskan definisi nahwu dan kalam. 
·  
  Mahasiswa
  mampu menjelaskan klasifikasi kalam (mujib dan manfi). 
·  
  Mahasiswa
  mampu menetukan klasifikasi kalam dalam ayat-ayat Al Qur’an. 
 | 
  
   
·  
  Tanya-jawab 
·  
  Tugas
  individu 
·  
  Analisa
  ayat-ayat Al Qur’an 
 | 
  
   
1 x pertemuan 
 | 
  
   
·  
  كتاب
  متن الجرومية 
·  
  وثيقة
  بحث علم النحو 
·  
  Hand
  Out 
·  
  Peta
  konsep  
 | 
 
| 
   
2 
 | 
  
   
·     
  Mahasiswa
   memahami definisi kalimah dan
  pembagiannya. 
·     
  Mahasiswa
   memahami klasifikasi dan tanda-tandanya. 
 | 
  
   
·     
  Definisi
  kalimah dan pembagiannya. 
·     
  Klasifikasi
  kalimah dan tanda-tandanya. 
 | 
  
   
·     
  Mendiskusikan
  definisi kalimah dan pembagiannya. 
·     
  Mendiskusikan
  klasifikasi kalimah dan tanda-tandanya. 
·     
  Menganalisis
  Ayat-ayat Al Qur’an. 
 | 
  
   
·     
  Mahasiswa
  mampu menjelaskan definisi kalimah dan pembagiannya. 
·     
  Mahasiswa
  mampu menjelaskan klasifikasi  kalimah
  dan tanda-tandanya. 
·     
  Mahasiswa
  mampu menetukan klasifikasi kalimah dalam ayat-ayat Al Qur’an. 
 | 
  
   
·  
  Tanya-jawab 
·  
  Tugas
  individu 
·  
  Analisa
  ayat-ayat Al Qur’an 
 | 
  
   
2 x pertemuan 
 | 
  
   
·  
  كتاب
  متن الجرومية 
·  
  وثيقة
  بحث علم النحو 
·  
  Hand
  Out 
·  
  Peta
  konsep 
 | 
 
| 
   
3 
 | 
  
   
·     
  Mahasiswa
   memahami definisi i’rab, bina’,
  mu’rab dan mabni. 
·     
  Mahasiswa
   memahami macam-macam mabninya kalimah
  (isim,fi’il dan huruf). 
·     
  Mahasiswa
   memahami macam-macam mu’rabnya kalimah
  (isim,fi’il dan huruf). 
 | 
  
   
·     
  Definisi
  i’rab, bina’, mu’rab dan mabni. 
·     
  Macam-macam
  mabninya kalimah (isim,fi’il dan huruf). 
·     
  Macam-macam
  mu’rabnya kalimah (isim,fi’il dan huruf). 
 | 
  
   
·     
  Mendiskusikan
  definisi i’rab, bina’, mu’rab dan mabni. 
·     
  Mendiskusikan
  macam-macam mabninya kalimah (isim,fi’il dan huruf). 
·     
  Mendiskusikan
  macam-macam mu’rabnya kalimah (isim,fi’il dan huruf). 
·     
  Menganalisis
  Ayat-ayat Al Qur’an. 
 | 
  
   
·     
  Mahasiswa
  mampu menjelaskan definisi i’rab, bina’, mu’rab dan mabni. 
·     
  Mahasiswa
  mampu menjelaskan macam-macam mabninya kalimah (isim,fi’il dan huruf). 
·     
  Mahasiswa
  mampu menjelaskan macam-macam mu’rabnya kalimah (isim,fi’il dan
  huruf). 
·     
  Mahasiswa
  mampu menetukan mabninya kalimah (isim,fi’il dan huruf) dalam
  ayat-ayat Al Qur’an. 
 | 
  
   
·  
  Tanya-jawab 
·  
  Tugas
  individu 
·  
  Analisa
  ayat-ayat Al Qur’an 
 | 
  
   
2 x pertemuan 
 | 
  
   
·  
  كتاب
  متن الجرومية 
·  
  وثيقة
  بحث علم النحو 
·  
  Hand
  Out 
·  
  Peta
  konsep 
 | 
 
| 
   
3 
 | 
  
   
·     
  Mahasiswa
   memahami macam-macam i’rab. 
·     
  Mahasiswa
   memahami macam-macam tanda i’rab. 
 | 
  
   
·     
  Macam-macam
  i’rab. 
·     
  Macam-macam
  tanda i’rab. 
 | 
  
   
·     
  Mendiskusikan
  macam-macam i’rab. 
·     
  Mendiskusikan
  macam-macam tanda i’rab. 
·     
  Menganalisis
  Ayat-ayat Al Qur’an. 
 | 
  
   
·     
  Mahasiswa
  mampu menjelaskan macam-macam i’rab. 
·     
  Mahasiswa
  mampu menjelaskan macam-macam tanda i’rab. 
·     
  Mahasiswa
  mampu menetukan i’rabnya kalimah (isim,fi’il dan huruf)
  dalam ayat-ayat Al Qur’an. 
 | 
  
   
·  
  Tanya-jawab 
·  
  Tugas
  individu 
·  
  Analisa
  ayat-ayat Al Qur’an 
 | 
  
   
4 x pertemuan 
 | 
  
   
·  
  كتاب
  متن الجرومية 
·  
  وثيقة
  بحث علم النحو 
·  
  Hand
  Out 
·  
  Peta
  konsep 
 | 
 
No comments:
Post a Comment