NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK DAN URAIAN
|
PENGALAMAN BELAJAR
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
1
|
·
Santri
memahami istilah-istilah dasar dalam Ilmu Shorf (tashrif , shorf, sighah
dan bina’, wazan, mauzun, fa’ fi’il, ‘ain dan lam fi’il).
·
Santri
menghafal macam-macam sighah dan bina’.
|
·
Definisi
Tashrif , Shorf, sighah, bina’, wazan, mauzun, fa’ fi’il, ‘ain dan lam
fi’il.
·
Macam-macam
sighah dan bina’.
|
·
Mendiskusikan
definisi tashrif , shorf, sighah, bina’, wazan,mauzun, fa’ fi’il, ‘ain dan
lam fi’i serta macam-macam sighah
dan bina’.
·
Menghafalkan
macam-macam sighah dan bina’ melalui bait nadham.
|
·
Santri
mampu menjelaskan definisi tashrif , shorf, sighah, bina’, wazan, mauzun,
fa’ fi’il, ‘ain dan lam fi’il,
·
Santri
mampu menjelaskan macam-macam sighah dan bina’.
|
·
Tanya-jawab
·
Tugas
individu
|
2 x pertemuan
|
·
كتاب
أمثلة التصريفية
·
وثيقة
بحث الأمثلة التصريفية
·
Hand
Out
·
Peta
konsep
|
2
|
·
Santri
meahami definisi fi’il tsulatsi mujarrad dan pembagian babnya.
·
Santri
memahami huruf-huruf ashal dan zaidah.
·
Santri
menghafal tashriful af’al bab 1 dan memahami tanda-tanda serta
faidahnya.
|
·
Definisi
fi’il tsulatsi dan fi’il tsulatsi mujarrad serta pembagian babnya.
·
Definisi
huruf-huruf ashal serta huruf zaidah dan macamnya.
·
Kaidah
tashriful af’al bab 1.
|
·
Mendiskusikan
definisi fi’il tsulatsi , fi’il tsulatsi mujarrad, huruf-huruf
ashal dan huruf zaidah.
·
Mendiskusikan
pembagian bab pada fi’il tsulatsi mujarrad dan macam-macam huruf
zaidah melalui bait nadham.
·
Menghafalkan
tashriful af’al bab 1 dan menjelaskan tanda-tanda serta faidahnya.
·
Menganalisis
Ayat-ayat Al Qur’an.
|
·
Santri
mampu menjelaskan definisi fi’il tsulatsi , fi’il tsulatsi mujarrad,
huruf-huruf ashal dan huruf zaidah.
·
Santri
mampu mejelaskan pembagian bab pada fi’il tsulatsi mujarrad dan
macam-macam huruf zaidah.
·
Santri
mampu melanjutkan potongan-potongan tashriful af’al.
·
Santri
mampu menganalisis tashriful af’al dalam ayat-ayat Al Qur’an dari segi
bina’ dan sighahnya.
|
·
Tanya-jawab
·
Tugas
individu
·
Analisa
ayat-ayat Al Qur’an
|
2 x pertemuan
|
·
كتاب
أمثلة التصريفية
·
وثيقة
بحث الأمثلة التصريفية
·
Hand
Out
·
Peta
konsep
|
3
|
·
Santri
menghafal tashriful af’al bab 2 dan memahami tanda-tanda serta
faidahnya.
·
Santri
memahami spesifikasi pembagian bab pada fi’il tsulatsi mujarrad dan mashdar.
·
Santri
memahami macam-macam wazan pada mashdar mimnya fi’il
tsulatsi mujarrad.
|
·
Kaidah
tashriful af’al bab 2.
·
Spesifikasi
pembagian bab pada fi’il tsulatsi mujarrad dan mashdar.
·
Macam-macam
wazan pada mashdar mimnya fi’il tsulatsi mujarrad.
|
·
Menghafalkan
tashriful af’al bab 2 dan menjelaskan tanda-tanda serta faidahnya.
·
Mendiskusikan
spesifikasi pembagian bab pada fi’il tsulatsi mujarrad dan mashdar melalui
bait nadham.
·
Mendiskusikan
macam-macam wazan pada mashdar mimnya fi’il tsulatsi
mujarrad melalui bait nadham.
·
Menganalisis
Ayat-ayat Al Qur’an.
|
·
Santri
mampu melanjutkan potongan-potongan tashriful af’al.
·
Santri
mampu mejelaskan spesifikasi pembagian bab pada fi’il tsulatsi mujarrad
dan mashdar.
·
Santri
mampu mejelaskan macam-macam wazan pada mashdar mimnya fi’il
tsulatsi mujarrad.
·
Santri
mampu menganalisis tashriful af’al dalam ayat-ayat Al Qur’an yang
masuk kategori bab 2.
|
·
Tanya-jawab
·
Tugas
individu
·
Analisa
ayat-ayat Al Qur’an
|
3 x pertemuan
|
·
كتاب
أمثلة التصريفية
·
وثيقة
بحث الأمثلة التصريفية
·
Hand
Out
·
Peta
konsep
|
3
|
·
Santri
menghafal tashriful af’al bab 3 dan memahami tanda-tanda serta
faidahnya.
·
Santri
memahami syarat fi’il yang masuk kategori bab 3.
|
·
Kaidah
tashriful af’al bab 3.
·
Syarat
fi’il yang masuk kategori bab 3.
|
·
Menghafalkan
tashriful af’al bab 3 dan menjelaskan tanda-tanda serta faidahnya.
·
Memahami
syarat fi’il yang masuk kategori bab 3 melalui bait nadham.
·
Menganalisis
Ayat-ayat Al Qur’an.
|
·
Santri
mampu melanjutkan potongan-potongan tashriful af’al.
·
Santri
mampu mengidentifikasi fi’il-fi’il yang termasuk kategori bab 3.
·
Santri
mampu menganalisis tashriful af’al dalam ayat-ayat Al Qur’an yang
masuk kategori bab 3.
|
·
Tanya-jawab
·
Tugas
individu
·
Analisa
ayat-ayat Al Qur’an
|
1 x pertemuan
|
·
كتاب
أمثلة التصريفية
·
وثيقة
بحث الأمثلة التصريفية
·
Hand
Out
·
Peta
konsep
|
4
|
·
Santri
menghafal tashriful af’al bab 4 dan memahami tanda-tanda serta
faidahnya.
·
Santri
memahami macam-macam wazan mashdar ghairu mimnya fi’il tsulatsi
mujarrad.
|
·
Kaidah
tashriful af’al bab 4.
·
Macam-macam
wazan mashdar ghairu mimnya fi’il tsulatsi mujarrad.
|
·
Menghafalkan
tashriful af’al bab 4 dan menjelaskan tanda-tanda serta faidahnya.
·
Mendiskusikan
macam-macam wazan pada mashdar mimnya fi’il tsulatsi
mujarrad melalui bait nadham.
·
Menganalisis
Ayat-ayat Al Qur’an.
|
·
Santri
mampu melanjutkan potongan-potongan tashriful af’al.
·
Santri
mampu mejelaskan macam-macam wazan pada mashdar mimnya fi’il
tsulatsi mujarrad.
·
Santri
mampu menganalisis tashriful af’al dalam ayat-ayat Al Qur’an yang
masuk kategori bab 4.
|
·
Tanya-jawab
·
Tugas
individu
·
Analisa
ayat-ayat Al Qur’an
|
2x pertemuan
|
·
كتاب
أمثلة التصريفية
·
وثيقة
بحث الأمثلة التصريفية
·
Hand
Out
·
Peta
konsep
|
5
|
·
Santri
menghafal tashriful af’al bab 5 dan memahami tanda-tanda serta
faidahnya.
·
Santri
memahami perbedaan isim fa’il dengan sifat musabihat bi ismil fa’il
beserta wazan-wazannya.
|
·
Kaidah
tashriful af’al bab 5.
·
Perbedaan
isim fa’il dengan sifat musabihat bi ismil fa’il.
·
Wazan-wazan sifat musabihat bi ismil fa’il.
·
|
·
Menghafalkan
tashriful af’al bab 5 dan menjelaskan tanda-tanda serta faidahnya.
·
Mendiskusikan
perbedaan isim fa’il dengan sifat musabihat bi ismil fa’il beserta
wazan-wazannya.
·
Menganalisis
Menghafalkan tashriful af’al bab 5 serta ayat-ayat Al Qur’an.
|
·
Santri
mampu melanjutkan potongan-potongan tashriful af’al.
·
Santri
mampu mejelaskan perbedaan isim fa’il dengan sifat musabihat bi
ismil fa’il beserta wazan-wazannya.
·
Santri
mampu menganalisis tashriful af’al dalam ayat-ayat Al Qur’an yang
masuk kategori bab 4.
|
·
Tanya-jawab
·
Tugas
individu
·
Analisa
ayat-ayat Al Qur’an
|
2x pertemuan
|
·
كتاب
أمثلة التصريفية
·
وثيقة
بحث الأمثلة التصريفية
·
Hand
Out
·
Peta
konsep
|
Saturday, November 22, 2014
silabus shorf (try out)
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment