| 
   
NO 
 | 
  
   
KOMPETENSI DASAR 
 | 
  
   
MATERI POKOK DAN URAIAN 
 | 
  
   
PENGALAMAN BELAJAR 
 | 
  
   
INDIKATOR 
 | 
  
   
PENILAIAN 
 | 
  
   
ALOKASI WAKTU 
 | 
  
   
SUMBER BELAJAR 
 | 
 
| 
   
1 
 | 
  
   
·     
  Santri
  memahami istilah-istilah dasar dalam Ilmu Shorf (tashrif , shorf, sighah
  dan bina’, wazan, mauzun, fa’ fi’il, ‘ain dan lam fi’il). 
·     
  Santri
  menghafal macam-macam sighah dan bina’. 
 | 
  
   
·     
  Definisi
  Tashrif , Shorf, sighah, bina’, wazan, mauzun, fa’ fi’il, ‘ain dan lam
  fi’il. 
·     
  Macam-macam
  sighah dan bina’. 
 | 
  
   
·     
  Mendiskusikan
  definisi tashrif , shorf, sighah, bina’, wazan,mauzun, fa’ fi’il, ‘ain dan
  lam fi’i  serta macam-macam sighah
  dan bina’. 
·     
  Menghafalkan
  macam-macam sighah dan bina’ melalui bait nadham. 
 | 
  
   
·  
  Santri
  mampu menjelaskan definisi tashrif , shorf, sighah, bina’, wazan, mauzun,
  fa’ fi’il, ‘ain dan lam fi’il, 
·  
  Santri
  mampu menjelaskan macam-macam sighah dan bina’. 
 | 
  
   
·  
  Tanya-jawab 
·  
  Tugas
  individu 
 | 
  
   
2 x pertemuan 
 | 
  
   
·  
  كتاب
  أمثلة التصريفية 
·  
  وثيقة
  بحث الأمثلة التصريفية 
·  
  Hand
  Out 
·  
  Peta
  konsep  
 | 
 
| 
   
2 
 | 
  
   
·     
  Santri
  meahami definisi fi’il tsulatsi mujarrad dan pembagian babnya. 
·     
  Santri
  memahami huruf-huruf ashal dan zaidah. 
·     
  Santri
  menghafal tashriful af’al bab 1 dan memahami tanda-tanda serta
  faidahnya. 
 | 
  
   
·     
  Definisi
  fi’il tsulatsi dan fi’il tsulatsi mujarrad serta pembagian babnya. 
·     
  Definisi
  huruf-huruf ashal serta huruf zaidah dan macamnya. 
·     
  Kaidah
  tashriful af’al bab 1. 
 | 
  
   
·     
  Mendiskusikan
  definisi fi’il tsulatsi , fi’il tsulatsi mujarrad, huruf-huruf
  ashal dan huruf zaidah. 
·     
  Mendiskusikan
  pembagian bab pada fi’il tsulatsi mujarrad dan macam-macam huruf
  zaidah melalui bait nadham. 
·     
  Menghafalkan
  tashriful af’al bab 1 dan menjelaskan tanda-tanda serta faidahnya. 
·     
  Menganalisis
  Ayat-ayat Al Qur’an. 
 | 
  
   
·     
  Santri
  mampu menjelaskan definisi fi’il tsulatsi , fi’il tsulatsi mujarrad,
  huruf-huruf ashal dan huruf zaidah. 
·     
  Santri
  mampu mejelaskan pembagian bab pada fi’il tsulatsi mujarrad dan
  macam-macam huruf zaidah. 
·     
  Santri
  mampu melanjutkan potongan-potongan tashriful af’al. 
·     
  Santri
  mampu menganalisis tashriful af’al dalam ayat-ayat Al Qur’an dari segi
  bina’ dan sighahnya. 
 | 
  
   
·  
  Tanya-jawab 
·  
  Tugas
  individu 
·  
  Analisa
  ayat-ayat Al Qur’an 
 | 
  
   
2 x pertemuan 
 | 
  
   
·  
  كتاب
  أمثلة التصريفية 
·  
  وثيقة
  بحث الأمثلة التصريفية 
·  
  Hand
  Out 
·  
  Peta
  konsep 
 | 
 
| 
   
3 
 | 
  
   
·     
  Santri
  menghafal tashriful af’al bab 2 dan memahami tanda-tanda serta
  faidahnya. 
·     
  Santri
  memahami spesifikasi pembagian bab pada fi’il tsulatsi mujarrad dan mashdar. 
·     
  Santri
  memahami macam-macam wazan pada mashdar mimnya fi’il
  tsulatsi mujarrad. 
 | 
  
   
·     
  Kaidah
  tashriful af’al bab 2. 
·     
  Spesifikasi
  pembagian bab pada fi’il tsulatsi mujarrad dan mashdar. 
·     
  Macam-macam
  wazan pada mashdar mimnya fi’il tsulatsi mujarrad. 
 | 
  
   
·     
  Menghafalkan
  tashriful af’al bab 2 dan menjelaskan tanda-tanda serta faidahnya. 
·     
  Mendiskusikan
  spesifikasi pembagian bab pada fi’il tsulatsi mujarrad dan mashdar melalui
  bait nadham. 
·     
  Mendiskusikan
  macam-macam wazan pada mashdar mimnya fi’il tsulatsi
  mujarrad melalui bait nadham. 
·     
  Menganalisis
  Ayat-ayat Al Qur’an. 
 | 
  
   
·     
  Santri
  mampu melanjutkan potongan-potongan tashriful af’al. 
·     
  Santri
  mampu mejelaskan spesifikasi pembagian bab pada fi’il tsulatsi mujarrad
  dan mashdar. 
·     
  Santri
  mampu mejelaskan macam-macam wazan pada mashdar mimnya fi’il
  tsulatsi mujarrad. 
·     
  Santri
  mampu menganalisis tashriful af’al dalam ayat-ayat Al Qur’an yang
  masuk kategori bab 2. 
 | 
  
   
·  
  Tanya-jawab 
·  
  Tugas
  individu 
·  
  Analisa
  ayat-ayat Al Qur’an 
 | 
  
   
3 x pertemuan 
 | 
  
   
·  
  كتاب
  أمثلة التصريفية 
·  
  وثيقة
  بحث الأمثلة التصريفية 
·  
  Hand
  Out 
·  
  Peta
  konsep 
 | 
 
| 
   
3 
 | 
  
   
·     
  Santri
  menghafal tashriful af’al bab 3 dan memahami tanda-tanda serta
  faidahnya. 
·     
  Santri
  memahami syarat fi’il yang masuk kategori bab 3. 
 | 
  
   
·     
  Kaidah
  tashriful af’al bab 3. 
·     
  Syarat
  fi’il yang masuk kategori bab 3. 
 | 
  
   
·     
  Menghafalkan
  tashriful af’al bab 3 dan menjelaskan tanda-tanda serta faidahnya. 
·     
  Memahami
  syarat fi’il yang masuk kategori bab 3 melalui bait nadham. 
·     
  Menganalisis
  Ayat-ayat Al Qur’an. 
 | 
  
   
·     
  Santri
  mampu melanjutkan potongan-potongan tashriful af’al.  
·     
  Santri
  mampu mengidentifikasi fi’il-fi’il yang termasuk kategori bab 3. 
·     
  Santri
  mampu menganalisis tashriful af’al dalam ayat-ayat Al Qur’an yang
  masuk kategori bab 3. 
 | 
  
   
·  
  Tanya-jawab 
·  
  Tugas
  individu 
·  
  Analisa
  ayat-ayat Al Qur’an 
 | 
  
   
1 x pertemuan 
 | 
  
   
·  
  كتاب
  أمثلة التصريفية 
·  
  وثيقة
  بحث الأمثلة التصريفية 
·  
  Hand
  Out 
·  
  Peta
  konsep 
 | 
 
| 
   
4 
 | 
  
   
·     
  Santri
  menghafal tashriful af’al bab 4 dan memahami tanda-tanda serta
  faidahnya. 
·     
  Santri
  memahami macam-macam wazan mashdar ghairu mimnya fi’il tsulatsi
  mujarrad. 
 | 
  
   
·     
  Kaidah
  tashriful af’al bab 4. 
·     
  Macam-macam
  wazan mashdar ghairu mimnya fi’il tsulatsi mujarrad. 
 | 
  
   
·     
  Menghafalkan
  tashriful af’al bab 4 dan menjelaskan tanda-tanda serta faidahnya. 
·     
  Mendiskusikan
  macam-macam wazan pada mashdar mimnya fi’il tsulatsi
  mujarrad melalui bait nadham. 
·     
  Menganalisis
  Ayat-ayat Al Qur’an. 
 | 
  
   
·     
  Santri
  mampu melanjutkan potongan-potongan tashriful af’al.  
·     
  Santri
  mampu mejelaskan macam-macam wazan pada mashdar mimnya fi’il
  tsulatsi mujarrad. 
·     
  Santri
  mampu menganalisis tashriful af’al dalam ayat-ayat Al Qur’an yang
  masuk kategori bab 4. 
 | 
  
   
·  
  Tanya-jawab 
·  
  Tugas
  individu 
·  
  Analisa
  ayat-ayat Al Qur’an 
 | 
  
   
2x pertemuan 
 | 
  
   
·  
  كتاب
  أمثلة التصريفية 
·  
  وثيقة
  بحث الأمثلة التصريفية 
·  
  Hand
  Out 
·  
  Peta
  konsep 
 | 
 
| 
   
5 
 | 
  
   
·     
  Santri
  menghafal tashriful af’al bab 5 dan memahami tanda-tanda serta
  faidahnya. 
·     
  Santri
  memahami perbedaan isim fa’il dengan sifat musabihat bi ismil fa’il
  beserta wazan-wazannya. 
 | 
  
   
·     
  Kaidah
  tashriful af’al bab 5. 
·     
  Perbedaan
  isim fa’il dengan sifat musabihat bi ismil fa’il. 
·     
  Wazan-wazan sifat musabihat bi ismil fa’il. 
·     
    
 | 
  
   
·     
  Menghafalkan
  tashriful af’al bab 5 dan menjelaskan tanda-tanda serta faidahnya. 
·     
  Mendiskusikan
  perbedaan isim fa’il dengan sifat musabihat bi ismil fa’il beserta
  wazan-wazannya. 
·     
  Menganalisis
  Menghafalkan tashriful af’al bab 5 serta ayat-ayat Al Qur’an. 
 | 
  
   
·     
  Santri
  mampu melanjutkan potongan-potongan tashriful af’al.  
·     
  Santri
  mampu mejelaskan perbedaan isim fa’il dengan sifat musabihat bi
  ismil fa’il beserta wazan-wazannya. 
·     
  Santri
  mampu menganalisis tashriful af’al dalam ayat-ayat Al Qur’an yang
  masuk kategori bab 4. 
 | 
  
   
·  
  Tanya-jawab 
·  
  Tugas
  individu 
·  
  Analisa
  ayat-ayat Al Qur’an 
 | 
  
   
2x pertemuan 
 | 
  
   
·  
  كتاب
  أمثلة التصريفية 
·  
  وثيقة
  بحث الأمثلة التصريفية 
·  
  Hand
  Out 
·  
  Peta
  konsep 
 | 
 
Saturday, November 22, 2014
silabus shorf (try out)
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment