Saturday, November 22, 2014

silabus shorf (try out)


NO
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK DAN URAIAN
PENGALAMAN BELAJAR
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
1
·      Santri memahami istilah-istilah dasar dalam Ilmu Shorf (tashrif , shorf, sighah dan bina’, wazan, mauzun, fa’ fi’il, ‘ain dan lam fi’il).
·      Santri menghafal macam-macam sighah dan bina’.
·      Definisi Tashrif , Shorf, sighah, bina’, wazan, mauzun, fa’ fi’il, ‘ain dan lam fi’il.
·      Macam-macam sighah dan bina’.
·      Mendiskusikan definisi tashrif , shorf, sighah, bina’, wazan,mauzun, fa’ fi’il, ‘ain dan lam fi’i  serta macam-macam sighah dan bina’.
·      Menghafalkan macam-macam sighah dan bina’ melalui bait nadham.
·   Santri mampu menjelaskan definisi tashrif , shorf, sighah, bina’, wazan, mauzun, fa’ fi’il, ‘ain dan lam fi’il,
·   Santri mampu menjelaskan macam-macam sighah dan bina’.
·   Tanya-jawab
·   Tugas individu

2 x pertemuan
·   كتاب أمثلة التصريفية
·   وثيقة بحث الأمثلة التصريفية
·   Hand Out
·   Peta konsep
2
·      Santri meahami definisi fi’il tsulatsi mujarrad dan pembagian babnya.
·      Santri memahami huruf-huruf ashal dan zaidah.
·      Santri menghafal tashriful af’al bab 1 dan memahami tanda-tanda serta faidahnya.

·      Definisi fi’il tsulatsi dan fi’il tsulatsi mujarrad serta pembagian babnya.
·      Definisi huruf-huruf ashal serta huruf zaidah dan macamnya.
·      Kaidah tashriful af’al bab 1.
·      Mendiskusikan definisi fi’il tsulatsi , fi’il tsulatsi mujarrad, huruf-huruf ashal dan huruf zaidah.
·      Mendiskusikan pembagian bab pada fi’il tsulatsi mujarrad dan macam-macam huruf zaidah melalui bait nadham.
·      Menghafalkan tashriful af’al bab 1 dan menjelaskan tanda-tanda serta faidahnya.
·      Menganalisis Ayat-ayat Al Qur’an.
·      Santri mampu menjelaskan definisi fi’il tsulatsi , fi’il tsulatsi mujarrad, huruf-huruf ashal dan huruf zaidah.
·      Santri mampu mejelaskan pembagian bab pada fi’il tsulatsi mujarrad dan macam-macam huruf zaidah.
·      Santri mampu melanjutkan potongan-potongan tashriful af’al.
·      Santri mampu menganalisis tashriful af’al dalam ayat-ayat Al Qur’an dari segi bina’ dan sighahnya.
·   Tanya-jawab
·   Tugas individu
·   Analisa ayat-ayat Al Qur’an
2 x pertemuan
·   كتاب أمثلة التصريفية
·   وثيقة بحث الأمثلة التصريفية
·   Hand Out
·   Peta konsep
3
·      Santri menghafal tashriful af’al bab 2 dan memahami tanda-tanda serta faidahnya.
·      Santri memahami spesifikasi pembagian bab pada fi’il tsulatsi mujarrad dan mashdar.
·      Santri memahami macam-macam wazan pada mashdar mimnya fi’il tsulatsi mujarrad.
·      Kaidah tashriful af’al bab 2.
·      Spesifikasi pembagian bab pada fi’il tsulatsi mujarrad dan mashdar.
·      Macam-macam wazan pada mashdar mimnya fi’il tsulatsi mujarrad.
·      Menghafalkan tashriful af’al bab 2 dan menjelaskan tanda-tanda serta faidahnya.
·      Mendiskusikan spesifikasi pembagian bab pada fi’il tsulatsi mujarrad dan mashdar melalui bait nadham.
·      Mendiskusikan macam-macam wazan pada mashdar mimnya fi’il tsulatsi mujarrad melalui bait nadham.
·      Menganalisis Ayat-ayat Al Qur’an.
·      Santri mampu melanjutkan potongan-potongan tashriful af’al.
·      Santri mampu mejelaskan spesifikasi pembagian bab pada fi’il tsulatsi mujarrad dan mashdar.
·      Santri mampu mejelaskan macam-macam wazan pada mashdar mimnya fi’il tsulatsi mujarrad.
·      Santri mampu menganalisis tashriful af’al dalam ayat-ayat Al Qur’an yang masuk kategori bab 2.
·   Tanya-jawab
·   Tugas individu
·   Analisa ayat-ayat Al Qur’an
3 x pertemuan
·   كتاب أمثلة التصريفية
·   وثيقة بحث الأمثلة التصريفية
·   Hand Out
·   Peta konsep
3
·      Santri menghafal tashriful af’al bab 3 dan memahami tanda-tanda serta faidahnya.
·      Santri memahami syarat fi’il yang masuk kategori bab 3.
·      Kaidah tashriful af’al bab 3.
·      Syarat fi’il yang masuk kategori bab 3.
·      Menghafalkan tashriful af’al bab 3 dan menjelaskan tanda-tanda serta faidahnya.
·      Memahami syarat fi’il yang masuk kategori bab 3 melalui bait nadham.
·      Menganalisis Ayat-ayat Al Qur’an.

·      Santri mampu melanjutkan potongan-potongan tashriful af’al.
·      Santri mampu mengidentifikasi fi’il-fi’il yang termasuk kategori bab 3.
·      Santri mampu menganalisis tashriful af’al dalam ayat-ayat Al Qur’an yang masuk kategori bab 3.
·   Tanya-jawab
·   Tugas individu
·   Analisa ayat-ayat Al Qur’an
1 x pertemuan
·   كتاب أمثلة التصريفية
·   وثيقة بحث الأمثلة التصريفية
·   Hand Out
·   Peta konsep
4
·      Santri menghafal tashriful af’al bab 4 dan memahami tanda-tanda serta faidahnya.
·      Santri memahami macam-macam wazan mashdar ghairu mimnya fi’il tsulatsi mujarrad.

·      Kaidah tashriful af’al bab 4.
·      Macam-macam wazan mashdar ghairu mimnya fi’il tsulatsi mujarrad.

·      Menghafalkan tashriful af’al bab 4 dan menjelaskan tanda-tanda serta faidahnya.
·      Mendiskusikan macam-macam wazan pada mashdar mimnya fi’il tsulatsi mujarrad melalui bait nadham.
·      Menganalisis Ayat-ayat Al Qur’an.

·      Santri mampu melanjutkan potongan-potongan tashriful af’al.
·      Santri mampu mejelaskan macam-macam wazan pada mashdar mimnya fi’il tsulatsi mujarrad.
·      Santri mampu menganalisis tashriful af’al dalam ayat-ayat Al Qur’an yang masuk kategori bab 4.
·   Tanya-jawab
·   Tugas individu
·   Analisa ayat-ayat Al Qur’an
2x pertemuan
·   كتاب أمثلة التصريفية
·   وثيقة بحث الأمثلة التصريفية
·   Hand Out
·   Peta konsep
5
·      Santri menghafal tashriful af’al bab 5 dan memahami tanda-tanda serta faidahnya.
·      Santri memahami perbedaan isim fa’il dengan sifat musabihat bi ismil fa’il beserta wazan-wazannya.

·      Kaidah tashriful af’al bab 5.
·      Perbedaan isim fa’il dengan sifat musabihat bi ismil fa’il.
·      Wazan-wazan sifat musabihat bi ismil fa’il.
·       

·      Menghafalkan tashriful af’al bab 5 dan menjelaskan tanda-tanda serta faidahnya.
·      Mendiskusikan perbedaan isim fa’il dengan sifat musabihat bi ismil fa’il beserta wazan-wazannya.
·      Menganalisis Menghafalkan tashriful af’al bab 5 serta ayat-ayat Al Qur’an.
·      Santri mampu melanjutkan potongan-potongan tashriful af’al.
·      Santri mampu mejelaskan perbedaan isim fa’il dengan sifat musabihat bi ismil fa’il beserta wazan-wazannya.
·      Santri mampu menganalisis tashriful af’al dalam ayat-ayat Al Qur’an yang masuk kategori bab 4.

·   Tanya-jawab
·   Tugas individu
·   Analisa ayat-ayat Al Qur’an
2x pertemuan
·   كتاب أمثلة التصريفية
·   وثيقة بحث الأمثلة التصريفية
·   Hand Out
·   Peta konsep

No comments:

Post a Comment